Jajanan depan sekolah

5:04 PM


Sekarang masih jaman ga ya jajanan aneh di depan gerbang sekolah? Hmm, jadi kangen jajanan depan sekolah. Somehow, it is tasty! Walaupun air yang dipake gatau air mentah atau mateng, walaupun kotornya nauzubillah tapi somehow rasanya enak plus ngangenin.

Gue masih cukup amazed dengan immune anak-anak Indonesia. Kalian bisa bayangkan, selama 6 tahun +3 tahun (kalo smp masih jajan di depan sekolah) +3 tahun (kalo sma juga masih begitu). Selama itu kita makan jajanan yang kategorinya jauh dari bersih dan tidak jelas bagaimana proses pembuatan nya. Hebat kan anak Indonesia?. Kita bisa survive dengan makanan yang kaya begitu. Selain  itu, pedagang Indonesia emang kreatif dan inonvatif.

Mari kita ungkap semua jajanan yang biasanya dijual di depan sekolahan.

Waktu gue sd (2006 backwards), ini adalah jajanan yang paling popular:

1. Kue Cubit setengah mateng












Apa yang menarik dengan kue ini? Kue ini kue cubit biasa, cuman ini setengah mateng! Dulu jaman gue sd ini paling favorit di kalangan anak-anak sd. Rasa nya enak walaupun setengah mateng. Mungkin orang yang ga biasa ngeliat nya aneh ya. But the fact is, ITU ENAK BANGET! dan harganya murah Rp 500 dapet 3 biji.

2. Gulali beraneka bentuk








Ini yang paling ga sehat. Tapi ini juga paling enak. Gulali ini awalnya adonan nya sticky. Setelah di bentuk nanti akan mengeras sendiri. Ini dibuat nya pake pewarnanya akut nih. Keliatan dari warna-warna nya yang eye catching. Yang paling mahal harganya Rp 1500, yang ini biasanya di bentuk trompet trus nanti dalemnya dikasih susu kental manis, nanti susunya bisa di sedot. 

3. Cireng











Cireng ini enak, biasanya dibentuk bulet-bulet, trus di tusukin. Satu tusuk 3 buletan. Harganya Rp 1000 kalau ga salah. Nanti dikasih sambel nya juga. Asem-pedes gitu sambelnya.

4. Gulali dengan air soda














Nah, yang ini different version nya Gulali yang warna warni itu. Gulali ini biasanya di sangkutin ke sedotan kecil. Trus kita bisa milih mau pake air soda apa? Fanta? Coke? Sprite?. Cara makan nya, biasanya gulali ini dicelupin ke air soda nya baru dijilat-jilat.

5. Tahu Gejrot













Tahu Gejrot yang kampung nya di Cirebon ini populer banget dikalangan anak sd, terutama yang udah kuat makan pedes. Biasanya kita bisa request berapa cabe yang kita mau. Dulu waktu jaman sd, kita sering main banyak-banyak an cabe. Tahunya udah digoreng, udah siap makan si abang abang hanya perlu ngulek cabe sama bawang trus dicampurin sama air gula yang udah jadi.

6. Baso tusuk












This is unusual baso. Baso ini kayaknya cuma di rebus. Lembek-lembek gitu baso nya. Baso ini dijualnya beda sama baso biasa. Baso ini dijual nya pake plastik, jadi baso nya dimasukin plastik, trus nanti di tuangin sambel nya. Biasanya Rp 1000 untuk 5 biji baso.

7. Lidi Pedas












Lidi ini lebih serem lagi. Ini kaya spaghetti belom dimasak. Rasanya asin-pedas banget. Enak bikin nagih. Satu bungkus biasanya Rp 1000. Beneran lidi ini rasanya pedes banget.

8. Telur Dadar Bulet- bulet












Yang ini juga enak. Telur di dadar di bentuk bulet-bulet. Sepertinya menggunakan cetakan yang sama dengan abang kue cubit. Telur dadar ini rasanya enak, ada daun bawangnya. Dijual biasa nya Rp 500 satu karna telur mahal. Ada sambelnya juga. 

9. Anak ayam warna warni














Yang ini bukan makanan. Dan benar, ini anak ayam. Dulu gue pernah beli ini anak ayam. Lucu-lucu warnanya macem-macem. Eye catching banget untuk anak sd. Dulu gue beli warna kuning. Since di kartun anak ayam pasti kuning jadi gue beli warna kuning. Sampe dirumah gue mandiin itu ayam saking sayang nya. Pas disiram, warna nya luntur. Anak ayam nya jadi putih lagi. 

10. Keong












Yang ini keong, dan yak, ini juga dijual. Tapi jaman gue sd ga diwarnain kaya foto diatas. Ini nama aslinya Hermit Crab. Biasanya kalo gue beli, di kasih makan nya tebu. Suka di 'hah' in atau ditiup supaya dia keluar dari cangkangnya.


Sekian aja, gue lagi kangen sama jajanan ini. Makanya gue post. 

Dan gue bangga bisa sehat wal afiat setelah mengkonsumsi itu semua selama 6 tahun. :)

Hidup Indonesia! *loh


You Might Also Like

1 Comment(s)

  1. Maybe if I eat this, terus masuk hospital kan?? Hhahhaha. My tummy and tongue more to malaysian tongue already. But the food u posted make me slobber. Hheheh :D

    ReplyDelete